Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Monday, April 18, 2011

Bahaya Duduk Terlalu Lama


Pernahkah Anda duduk melebihi 3 jam per hari?
Saya yakin sekali Anda sangat sering melakukan aktivitas duduk. Lho? Kok duduk diakatakan aktivitas? Ya.. karena kita duduk sambil bekerja, kita duduk sambil membaca, kita duduk sambil makan, dan lain sebagainya. Bukankah itu suatu aktivitas?

Jika kita meras lelah, kebanyakan hal yang dilakukan adalah duduk, baik itu duduk di kursi, duduk dengan posisi selonjor, atau bahkan terkadang tidur-tiduran di sofa. Jika kita duduk hanya beberapa menit saja atau katakanlah paling lama 1 jam. Hal tersebut masih wajar dan dijamin tidak akan ada penyakit yang menyerang kita karena duduk selama 1 jam. Akan tetapi, bagaimana jika kita duduk hingga 4-7 jam perhari? Wow... itu sungguh akan mendatangkan suatu penyakit kawan.

Ada beberapa pendapat dari penelitian di seluruh dunia mengenai bahaya duduk terlalu lama seperti tulisan dibawah ini:

 -Tahun 2010 studi yang dimuat dalam British Journal of Sport Medicine menemukan mereka yang duduk untuk periode yang lama beresiko terkena penyakit lebih tinggi dibanding orang yang secara berkala melakukan gerakan otot.
 - Peneliti di Universitas Missouri menyatakan duduk terlalu lama akan memutus sirkulasi enzim penyerap lemak yang disebut lipase.

- Studi yang dimuat dalam American Journal of Epidemiology menunjukkan duduk lama (lebih dari 6 jam tiap hari) bisa meningkatkan risiko kematian hingga 18 persen akibat penyakit diabetes, penyakit jantung dan kegemukan, dibanding orang yang menghabiskan 3 jam tiap hari untuk duduk.

- Peneliti dari Pennington Biomedical Research Center, Louisiana menganalisa gaya hidup lebih dari 17.000 pria dan wanita selama 13 tahun dan menemukan orang yang menghabiskan sebagian besar waktunya untuk duduk, 54 persennya meninggal akibat serangan jantung.

Dari pernyataan-pernyataan di atas Anda pasti tau bahwa duduk dengan waktu yang sangat lama akan menimbulkan penyakit atau bahkan menambah persentase kematian. Walaupu kita tahu bahwa penyakit dan kematian adalah Tuhan yang menentukan dan tidak ada orang yang bisa meramalkannya. Itu benar sekali. Akan tetapi Tuhan memberikan rasa sakita atau kematian dengan prosedur yang bisa dianggap wajar oleh manusia. Itulah kekuasaan Tuhan alam semesta ini.
Oleh karenanya kita harus peduli dan sadar akan hal yang kita anggap sepele. Karena jika melakukan sesuatu dengan berlebihan akan menimpulkan suatu resiko yang tidak bisa kita ketahui sebelumnya.

Sebagai tips agar kita bisa mengatur waktu duduk kita adalah biasakan setiap 20 atau 30 menit sekali berdiri dan berjalan-jalan disekitar tempat kita agar tubuh rileks dan tidak kaku.
Jika ingin mengetahui berita tentang bahaya duduk lebih lanjut, silahkan kunjungi situs berita favorit saya di Kompas.com

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates